Selamat datang di SinauTeiKA

DVD

Sabtu, 26 Januari 20130 komentar

DVD adalah singkatan Digital Versatile Video Disc, bukan sekedar Digital Video Disc seperti yang dikenal orang. DVDR adalah DVD Recordable dan DVDRW adalah DVD ReWriteable. Anda tentunya mengenal bentuk DVD berupa disk 12 cm, sama dengan ukuran VCD atau CD ROM NeoTek. DVD single layer (DVD-5) dapat menyimpan sampai 2 jam film bermutu tinggi dilengkapi dengan audioptrack dengan format stereo, Dolby digital, atau DTS serta juga advanced menu system, subtitle, maupun still picture. DVD-5 dapat dimainkan pada DVD player maupun pada komputer yang dilengkapi DVD-ROM.

Pada DVD dapat juga dimuat beberapa jam main video dengan mutu lebih rendah seperti SVCD, CVD, atau VCD. Anda juga dapat memuat data biasa sampai 4,38 Gbyte, atau campuran data dengan DVDvideo yang dapat diakses melalui DVD-ROM komputer.

Dalam membeli DVD Writer kesulitan yang dihadapi adalah menentukan akan membeli DVD writer dengan format apa. Apakah format DVD-RW dan DVD-R atau saingannya, yaitu format DVD+RW dan DVD+R.

Sekarang ini terdapat tiga standar format DVD yang bersaing:
  1. DVD-R dan DVD-RW, DVD-R/W adalah DVD recording format yang pertama kali keluar dan kompatibel dengan DVD player standalone. DVD-R/W mendukung single side 4,7 Gbyte DVD (dikenal sebagai DVD-5) dan double side 9,4 Gbyte DVD (dikenal sebagai DVD-10). Format – format ini didukung oleh DVDForum. DVD-R adalah format non-rewriteable yang kompatibel dengan 89% DVD player dan semua DVD-ROM. DVD-RW adalah rewriteable format yang kompatibel dengan 72% DVD player dan sebagian besar DVD-ROM.
  2. DVD+R dan DVD+RW, DVD+R/W mempunyai beberapa kelebihan seperti lossless linking dan CAV dan CVL writing. DVD+R/W mendukung single side 4,7 Gbyte DVD (dikenal sebagai DVD-5) dan double side 9,4 Gbyte DVD (dikenal sebagai DVD-10). Format-format ini didukung oleh DVD+RW Alliance. DVD+R adalah format non-rewriteable yang kompatibel dengan 83% DVD player dan semua DVD-ROM. DVD+RW adalah rewriteable format yang kompatibel dengan 72% DVD player dan sebagian besar DVD ROM.
  3. DVD-RAM, DVD-RAM mempunyai fitur perekaman terbaik dari semuanya, tetapi tidak kompatibel dengan kebanyakan DVD-ROM maupun DVD player. DVD-RAM lebih dianggap sebagai suatu media penyimpanan eksternal (removable hard disk). DVD-RAM didukung oleh DVDForum.
Kapasitas DVD

Format DVD yang paling banyak dipakai adalah DVD-5, DVD-9, dan DVD-10 (double side dari DVD-5). Kapasitas DVD-5 adalah 4.707.000.000 byte atau kalau dibagi dengan 1024 setara dengan 4,38 Gbyte, namun sering disebut sebagai 4,7 Gbyte dengan menggunakan standar 1 kilobyte adalah 1000 byte.

DVD-9 adalah dual layer DVD yang memuat data komputer sampai 7,95 Gbyte yang banyak digunakan oleh banyak DVD komersial sekarang ini. DVD-9 pada dasarnya adalah dua DVD-5 khusus yang dipres menjadi satu. DVD-R/W maupun DVD+R/W tidak mendukung DVD-9.

DVD-10 adalah double side DVD yang memuat data komputer sampai 8,7 Gbyte. Double side artinya merekam pada kedua sisi disk. DVD-R/W dan DVD+R/W mendukung format ini.

Format-format Tidak Standard

DVD-VCD. Pada dasarnya adalah VCD yang direkam di atas DVDR/W. DVD mendukung resolusi VCD, tetapi audio-nya harus di-resample ke 48 KHz.

DVD-SVCD. Pada dasarnya adalah SVCD yang direkam di atas DVDR/W. DVD sebenarnya tidak mendukung resolusi SVCD, tetapi bisa berjalan juga dan audio-nya harus di-resample ke 48 KHz.

DVD-MP3. Pada dasarnya adalah MP3 yang direkam di atas DVDR/W, tetapi sangat sedikit standalone DVD yang mendukungnya dan sebagian besar DVD player hanya mengenal DVDR/W hanya sebagai DVD Video.

MiniDVD. Pada dasarnya adalah DVD yang direkam di atas CD-R(W) dan bukannya di atas DVD. MiniDVD dikenal juga sebagai cDVD. MiniDVD hanya memuat video 15 menit pada kapasitas 650 Mbyte. Kebanyakan DVD player tidak dapat memainkan MiniDVD sebab mengenali CDR/W sebagai VCD, SVCD, atau CD audio dan bukannya DVD. Lagipula reading speed DVD player hanya 2 x sedangkan untuk membaca CDR/W diperlukan reading speed paling sedikit 8x.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : SMP NEGERI 3 KLATEN | Nursetya
Copyright © 2011. Media Pembelajaran Mapel TIK SMP N 3 KLATEN - All Rights Reserved
Template Created by Nursetya Modify by SMP NEGERI 3 KLATEN
Proudly powered by Blogger